Riset: Sekali Mengalami Kegemukan Sulit Untuk Kembali Kurus



Beberapa orang yang bertubuh gemuk akan melakukan berbagai usaha untuk menurunkan berat badan. Namun menurut penelitian terbaru, sekali seseorang mengalami kegemukan, dia akan sulit kembali kurus.

Penelitian tersebut merupakan bagian dari Medical Research Council’s National Survey of Health and Development. Penelitian itu melibatkan 25 ribu responden.

Puluhan ribu responden itu terdiri dari 5.362 pria dan wanita yang lahir pada 1946 dan 20 pria dan wanita yang lahir pada 1958. Mereka diikuti kehidupannya dan dicatat berapa berat badan dan tekanan darahnya. 

Selama diteliti, para penelitia menemukan bahwa kedua kelompok usia itu sama-sama mengalami kenaikan berat badan pada 1980-an. Setelah masa itu, berat badan mereka naik terus secara bertahap.

"Sekali orang menjadi overweight, mereka akan terus naik berat badannya. Mereka sangat sulit kembali kurus," ujar pimpinan penelitian tersebut, Dr Rebecca Hardy seperti dikutip dari Daily Mail.

"Ada beberapa yang bisa menurunkan berat badan, tapi hanya beberapa yang bisa kembali ke berat semula. Cara terbaik adalah orang harus berusaha untuk tidak overweight," tambah Hardy sekaligus memberi saran.

Dalam penelitian itu terungkap juga, pada pria penambahan berat badan terjadi secara bertahap sepanjang hidupnya. Sedangkan pada wanita, penambahan berat badan terjadi perlahan dan semakin bertambah saat memasuki usia 30-an.

Namun yang perlu ditekankan, studi ini bukan menekankan kalau diet itu sebenarnya tidak berguna. Dengan makan makanan sehat dan seimbang serta berolahraga, pastinya bisa membuat hidup lebih sehat karena menurunkan tekanan darah.


sumber:wolipop.com

0 comments:

Post a Comment