Tips Kesehatan Rahasia Alami Meringankan Gejala Batuk-Pilek


Batuk-pilek sudah dikenal sebagai penyakit infeksi yang paling sering kita alami. Dengan lebih dari 200 jenis virus batuk-pilek serta bertambahnya jenis virus influenza baru setiap musim, umumnya orang akan menderita batuk pilek setidaknya sekali atau dua kali dalam setahun.

Karena begitu banyak jenis virus batuk-pilek, tidak heran jika obat yang benar-benar mujarab belum berhasil ditemukan. Sebagai gantinya, bermacam-macam jenis obat yang dijual bebas tersedia untuk membantu Anda menghadapi berbagai gejala batuk-pilek yang tidak menyenangkan. Pada umumnya, pengobatan tersebut hanyalah bertujuan untuk menahan gejala penyakit, atau “memukul tepat di kepala”, agar Anda dapat meneruskan rutinitas seperti biasanya.

Akan tetapi, obat-obatan kimia tersebut sering kali memiliki efek samping yang tidak dikehendaki, yang dapat menciptakan masalah baru bagi tubuh kita. Jika digunakan dalam jangka panjang, obat-obatan tersebut justru menurunkan daya tahan tubuh karena tubuh kita sibuk menghadapi sisa racun yang tertinggal dari zat hasil olahan kimia. Kenyataan ini membuat orang semakin tertarik dengan obat-obatan alami tradisional yang telah dipraktekkan selama ratusan tahun, sejalan dengan semakin banyaknya jumlah orang yang mencari pengobatan efektif yang ringan dan tidak beracun.

apakah batuk-pilek itu ?
Batuk-pilek biasa disebabkan oleh infeksi virus yang menyerang sistem pernapasan atas, yaitu hidung, tenggorokan, dan saluran sinus. Setiap hari udara yang Anda hirup mengandung banyak virus berbahaya (patogen), yang diperangi dan ditangkal saluran pernapasan sebelum memasuki tubuh.
Salah satu barisan pertahanan tubuh yang terdepan adalah hidung. Anda mengandalkannya untuk menangkap dan menetralisasi patogen. Dengan sistem penghangat ruangan terpusat dan kurangnya udara segar, membran lendir salah satu hidung dan sinus akan membengkak dan tersumbat oleh lendir yang kental. Jika sistem pernapasan tidak dapat mengatasi patogen secara efektif, patogen akan memasuki jaringan tubuh dan mulai merusak sel, sehingga mengakibatkan pembengkakan dan berbagai gejala batuk-pilek.

gejala umum
Batuk-pilek biasanya datang secara tiba-tiba, gejalanya cukup ringan, dan hanya berlangsung selama kurun waktu tertentu. Rata-rata batuk-pilek berlangsung selama seminggu hingga sepuluh hari. Biasanya, tahap pertama batuk-pilek ditandai dengan bersin, mata berair, dan sakit tenggorokan karena membran lendir yang membengkak. Tahap ini juga bisa disertai meriang dan kedinginan, yang merupakan tanda meningkatnya suhu tubuh saat berusaha membunuh kuman yang masuk. Gejala lain yang menandakan kenaikan suhu tubuh adalah rasa sakit pada persendian dan rasa lesu. Gejala tersebut muncul karena menyebarnya virus ke luar lokasi utama infeksi (di dalam hidung dan tenggorokan), menuju aliran darah dan organ serta jaringan tubuh lainnya.

Hidung tersumbat adalah tempat potensial bagi pertumbuhan kuman.
Setelah itu, tubuh akan menjadi rentan terhadap infeksi saluran pernapasan sekunder, seperti sinusitis, radang tenggorokan, infeksi saluran telinga, dan bronkitis. Penyakit tersebut biasanya jauh lebih serius dan tidak menyenangkan dibandingkan batuk-pilek biasa.

Selama menderita batuk-pilek, tubuh memproduksi lebih banyak lendir untuk membantu menangkap kuman yang masuk. Setelah tahap hidung berair selesai, biasanya akan diikuti dengan tahap hidung tersumbat yang juga bisa disertai batuk.

batuk
Batuk merupakan gerakan refleks tenggorokan (bronchi) yang dirancang untuk membuang lendir yang berlebihan dari saluran tenggorokan. Batuk dapat dibagi menjadi dua kategori, yang masing-masing membutuhkan perawatan yang berbeda. Batuk berdahak membutuhkan pengobatan yang dapat membantu tubuhmengeluarkan lendir yang berlebih Sementara itu, jika menderita batuk kering dan gatal, membran lendir telah menjadi terlalu bengkak sehingga menyebabkan batuk walaupun tidak ada lendir yang harus dikeluarkan. Batuk seperti ini sangat melelahkan dan membutuhkan perawatan yang dapat mengurangi pembengkakan dan membantu mengurangi reaksi kejang batang tenggorokan yang mengganggu.

tertular batuk-pilek
Kita percaya bahwa batuk-pilek terjadi karena kemasukan kuman. Walaupun ada benarnya, tetap saja pernyataan ini tidak dapat menjelaskan bagaimana sebagian orang bisa tertular batuk-pilek, sementara yang lain tidak meski berhadapan juga dengan virus yang sama. Pertama-tama, harus diciptakan tempat berkembang-biak yang cocok dalam tubuh sebelum kuman bisa bertahan. Jika Anda tertular batuk pilek, berarti daya tahan tubuh sedang kurang prima dan tubuh Anda tidak dapat memerangi infeksi. Ada beberapa alasan mengapa penularan ini bisa terjadi, dan ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk mencegahnya.

indikator gaya hidup
Penelitian menunjukkan bahwa banyak masalah pernapasan disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Kurangnya udara segar dan olahraga, pernapasan pendek, sikap tubuh yang tidak baik, merokok, dan polusi udara yang dapat membebani paru-paru. Sementara itu, mengkonsumsi banyak produk susu, gula, dan karbohidrat olahan dapat membebani tubuh karena dapat melemahkan daya tahan tubuh dan meningkatkan produksi lendir. Kesehatan yang baik berhubungan dengan gaya hidup yang seimbang. Olahraga teratur, istirahat dan tidur yang cukup, pola makan seimbang, pekerjaan yang memuaskan, dan hubungan dengan orang lain yang menyenangkan, semuanya dapat meningkatkan kesehatan dan kebugaran.

Ketika salah satu aspek kehidupan tidak seimbang, hal ini dapat memengaruhi daya tahan tubuh. Semakin panjang periode ketidak seimbangan ini, semakin lemah daya tahan tubuh. Anda dapat meningkatkan daya tahan tubuh agar tetap kuat dan sehat dengan minum banyak jus buah segar dan air putih, serta mengonsumsi buah-buahan, sayur-sayuran, dan salad organik.

pengobatan holistik

Dalam pengobatan alami, batuk-pilek tidak dilihat sebagai hal yang buruk karena merupakan proses alami untuk membuang racun dari dalam sistem tubuh dan memberinya waktu istirahat yang dibutuhkan. Oleh karena itu, pengobatan alami tidak mengabaikan dan atau menahan batuk-pilek, tetapi dirancang untuk bekerja bersama tubuh dalam mengenali gejalanya sebagai bagian dari proses penyembuhan sendiri tubuh Anda.
Pengobatan holistik adalah cara untuk membantu tubuh Anda agar tetap kuat dan sehat dengan perawatan tanpa obat, yang bebas dari efek samping.

sumber : Raje Airey

0 comments:

Post a Comment