Sejarah Singkat Senam


Senam adalah olahraga yang anggun dan artistik yang membutuhkan kombinasi kekuatan, kelincahan keseimbangan, dan koordinasi otot, biasanya dilakukan pada perangkat khusus. Pesenam melakukan urutan gerakan yang membutuhkan fleksibilitas, daya tahan dan kesadaran kinestetik, seperti handsprings dan handstands, lompatan Split, antena dan jungkir balik.

Senam seperti yang kita tahu tanggal kembali ke Yunani kuno. Orang-orang Yunani awal berlatih senam untuk mempersiapkan perang. Kegiatan seperti melompat, melempar berjalan, diskusi, gulat, tinju dan membantu mengembangkan otot-otot yang diperlukan untuk tangan ke tangan pertempuran. Praktek kebugaran tambahan yang digunakan oleh orang Yunani kuno termasuk metode untuk mount dan turun dari kuda dan berbagai keterampilan kinerja sirkus.

Senam menjadi komponen utama pendidikan Yunani adalah wajib bagi semua siswa. Tinggi sekolah, sebuah bangunan dengan medan terbuka tempat pelatihan berlangsung, berkembang menjadi sekolah tempat senam, retorika, musik dan matematika adalah naučavali.Ancinet Olimpiade lahir di waktu itu.

Sebagai Kekaisaran Romawi naik, senam Yunani untuk itu lebih atau kurang berubah menjadi pelatihan militer. Pada 393 AD Kaisar Theodosius meniadakan Olimpiade di potpunosti.Igre telah menjadi korup, dan senam, bersama dengan olahraga lainnya menurun. Selama berabad-abad, senam adalah semua tapi lupa.

Pada abad kesembilan belas kedelapan belas dan awal dua pelopor pendidik fisik, Johann Friedrich dan Friedrich Ludwig Jahn GutsMuth dibuat latihan untuk anak laki-laki dan laki-laki muda dalam perangkat sseveral dirancang. Inovasi ini akhirnya menyebabkan apa yang dianggap senam modern. Akibatnya, Friedrich Jahn menjadi dikenal sebagai "bapak" senam. Jahn memperkenalkan bar horisontal, palang sejajar, kuda sisi dengan pommels, dan balok keseimbangan, tangga, dan kuda.

Pada awal abad kesembilan belas, guru di AS mengikuti dan mengadopsi Jerman dan Swedia program senam pelatihan. Pada awal abad kedua puluh, angkatan bersenjata mulai menerbitkan manual bor yang menampilkan segala macam latihan senam. Menurut manual dari Bor Darat AS Fisik, ini latihan penting yang disediakan instruksi yang memadai untuk tubuh laki-laki muda yang aktif.

Seiring waktu berlalu, namun, kegiatan militer pindah dari tangan ke tangan pertempuran dan menuju pesawat tempur dan kontemporer dikendalikan komputer senjata. Sebagai hasil dari perkembangan perang modern, senam pelatihan sebagai sambungan dari pikiran dan tubuh, sangat penting dalam tradisi pendidikan Yunani, Jerman, dan Swedia, mulai kehilangan daya. Senam sekali lagi mengambil aura adalah olahraga kompetitif.

Pada akhir abad kesembilan belas, senam pria adalah populer untuk dimasukkan dalam Olimpiade modern diadakan 1896.Sport adalah sedikit berbeda dari apa yang kita kenal sebagai saat senam namun. Pada awal 1950-an, dan kompetisi domestik dan internasional yang terlibat serangkaian perubahan latihan pesenam yang modern Mei sampai menemukan sedikit aneh, seperti lantai senam disinkronkan tim, panjat tali, lompat tinggi, lari, dan tangga horisontal hanya untuk beberapa nama.

Perempuan pertama mulai berpartisipasi dalam acara senam pada tahun 1920 dan kompetisi Olimpiade wanita pertama diadakan pada tahun 1928 Permainan di Amsterdam, meskipun hanya melakukan senam disinkronisasi. Latihan gabungan untuk perempuan pertama kali diadakan pada tahun 1928, dan 1952 Olimpiade ditampilkan rezim penuh pertama acara untuk wanita.

Pada 1954 Olimpiade aparat dan acara untuk pria dan wanita telah dibakukan dalam format modern, dan mencetak standar, termasuk sistem poin dari 1 sampai 10, dilaksanakan.
Senam Pria kontemporer acara untuk mengevaluasi secara individual dan tim, dan saat ini termasuk olahraga lantai, bar horisontal, palang sejajar, cincin, memukul kuda dan kubah dan semua-sekitar, yang menggabungkan hasil dari enam acara lainnya.

acara senam Perempuan meliputi balok keseimbangan, paralel bar yang tidak rata, latihan gabungan, latihan lantai, kubah, dan berirama olahraga senam.

Sampai tahun 1972, senam untuk pria menekankan kekuasaan dan kekuatan, sementara wanita melakukan rutinitas berfokus pada kasih karunia gerakan. Tahun itu, bagaimanapun, 17 tahun Soviet pesenam Olga Korbut memenangkan nama khalayak televisi dengan rutinitas nya inovatif dan eksplosif.

Nadia Comaneci menerima nilai sempurna pertama, tahun 1976 Olimpiade di Montreal, Kanada. Dia memimpin Rumania terkenal, Bela Karolyi. Comaneci memenangkan empat puluhan sempurna pada bar yang tidak rata, dua di balok keseimbangan dan satu di lantai latihan. Nadia akan selalu diingat sebagai "gadis Empat belas tahun, sedikit berekor kuda" yang menunjukkan dunia yang dapat mencapai kesempurnaan.

Mary Lou Retton menjadi favorit Amerika dengan dua skor sempurna dan medali emasnya dalam kompetisi All-Sekitar di depan penonton tuan rumah di Olimpiade 1984 di Los Angeles.

Hari-hari ini senam adalah nama rumah tangga dan anak-anak banyak berpartisipasi dalam senam pada satu waktu atau yang lain saat mereka tumbuh dewasa. Olga Korbut, Nadia Comaneci dan Mary Lou Retton, bersama dengan semua orang pesenam, membantu mempopulerkan senam kompetitif wanita, menjadikannya salah satu dari peristiwa Olimpiade yang paling banyak ditonton. Para laki-laki dan perempuan senam sekarang menarik kepentingan internasional yang cukup besar, dan pesenam yang sangat baik dapat ditemukan di semua benua.

6 comments:

  1. ada tips and saran gak gan supaya bisa ikut kejuaran senam tingkat dunia? tapi untuk menunjang penampilan saat senam tentunya harus dengan baju senam terbaru dong? biar makin keceeeh. Thanks very much ;:)

    ReplyDelete
  2. salam kenal gan.... apakah untuk senam irama memiliki baju senam tersendiri.... dan kalo mau beli baju senam murah itu dimana ya gan untuk daerah Surabaya ...??? mohon infonya ya gan... :)

    ReplyDelete
  3. Untuk melakukan senam lantai apah harus dalam pengawasan instruktur ? misalnya cedera di bagian kepala? dan untuk pakaiannya kira2 di mana ya toko yang menjual baju senam body image dg model terbaru dan pastinya nyaman dipakai? mksih y infonya:)

    ReplyDelete
  4. Artikelnya bantu banget nich kak, alhamdulillah lah, bisa meringankan tugas mala. hehehehe. oh iya kak bisa bagi info tentang baju aerobik , daerah mna yang jual, barangnya berkualitas + bersahabatlah kak dikantong mahasiswa :D . thank

    ReplyDelete
  5. Salam manis dari ane, dan terima kasih atas bantuannya, artikel anda sangat membantu ane meringankan tugas, oh iya bisa minta penjelasan, maksudnya baju senam cantik itu seperti gimana kah ?

    ReplyDelete
  6. Salam Olahraga Gan
    Bisakah dijelaskan kembali manfaat dari senam?
    btw, di mana tempat penjualan kaos kaki wanita dan sepatunya juga yg keren-keren gitu?
    Salam sukses dan thanks atas artikelnya ^_^

    ReplyDelete