Seekor Panda Masuk 'Faces of 2011' Kategori Wanita



Kantor berita BBC menuai kritik karena menobatkan seekor panda bernama Sweetie dalam daftar 12 wanita yang masuk Faces of 2011. Panda tersebut disejajarkan dengan Pippa Middleton dan penyanyi Adele.
BBC melansir Faces of 2011 untuk kategori wanita. Daftar tersebut merupakan wanita yang menjadi berita utama setiap bulan. Di antara 12 yang masuk dalam daftar itu adalah anggota Kongres Amerika Serikat Gabrielle Giffords yang pulih setelah ditembak di kepala. Selain itu ada pula Presiden Brasil Dilma Roussef.
BBC juga memilih Pippa Middleton untuk bulan April setelah adik Kate Middleton tersebut dipuji-puji saat menjadi pendamping pernikahan kakaknya dengan Pangeran William.
Akan tetapi untuk Desember, BBC memilih seekor panda bernama Sweetie alias Tian-Tian. Panda tersebut dibawa ke Inggris dari Cina. Panda ini dipinjamkan ke Royal Zoological Society di Skotlandia dengan harga 600 ribu pounds per tahun.
Pemilihan Sweetie itu menuai kritik dari berbagai pihak di antaranya para pengguna Twitter. Para pengguna Twitter menyebut pemilihan tersebut sebagai “panda-gate”.
Dalam akun Twitter miliknya, John Prescott menulis, “Jadi BBC tidak bisa menemukan sosok wanita untuk Sports Personality of the Year, tetapi mereka bisa menemukan seekor panda untuk wajah wanita 2011 #pandagate.”
Anggota parlemen dari Partai Buruh Stella Creasy mengatakan, “Saya bukannya ingin melecehkan Sweetie, sebab ia merupakan panda yang cantik dan terbaik. Akan tetapi, ini adalah gelar untuk ‘wanita’ bukan ‘spesies jenis kelamin wanita’,”
Menanggapi kritik tersebut, BBC mengatakan mereka menyeleksi hewan berjenis kelamin jantan atau betina untuk daftar seperti itu tiap tahun. Bahkan, BBC sempat menobatkan seekor babi Peppa Pig dalam daftar sebelumnya.
Juru bicara BBC mengatakan, “Memasukkan Sweetie ke dalam salah satu sosok obyek pemberitaan tahunan merupakan tambahan yang dipilih hati-hati. Dan ini bukan pertama kali daftar seperti itu diisi makhluk bukan manusia.”
“Pada 2009, Benson the Carp, seekor ikan raksasa, terpilih untuk Agustus dalam kategori pria. Sedangkan tahun lalu Peppa the Pig masuk daftar di kategori wanita untuk bulan April,” tambah juru bicara BBC.



sumber:telegraph

0 comments:

Post a Comment