Monyet Terkecil di Dunia



Ada Yang Meyebutnya Monyet jari primata. Kedua, mendapat bagian pertama dari namanya karena itu menjadi ukuran jari panjang! Jika Anda belum melihatnya - baik, Anda percaya saja! pelukan primata kecil dan grip pada jari Anda begitu ketat sehingga sangat menarik untuk dilihat dan diperhatikan.  tentu Anda ingin membawanya pulang, bukan? Monyet jari, sebenarnya merupakan jenis primata marmoset kerdil. Mereka juga dikenal dengan sebutan 'monyet saku' dan 'singa kecil'. 

Seekor monyet jari dewasa, tubuhnya berbulu dan umumnya berwarna kuning kecokelatan dengan bintik-bintik hitam. Disebut juga primata singa surai, karena tumbuh bulu di sekitar kepalanya (itu sebabnya mereka juga disebut 'singa kecil'). Mata mereka berbentuk almond, juga hitam berbentuk ekor cincin yang merupakan bagian utama dari tubuh dengan panjang 13-14 inci.  Panjang ekornya bisa tumbuh hingga 8-9 inci. Monyet jari mencapai ukuran dewasa pada usia dua tahun. Jantan dari spesies ini lebih berat, beratnya sampai 5 ons, dibandingkan dengan betina yang umumnya lebih ringan. Kecuali untuk perbedaan dalam tinggi dan berat badan, memiliki fitur fisik yang sama. Usia rata-rata seekor monyet jari 11-15 tahun, namun, beberapa diketahui hidup sampai 25 tahun. 

Monyet jari menggunakan cakar tajam untuk bergerak di antara cabang-cabang yang lebih besar atau naik ke atas pohon. Makanannya yang disukainya daun, nektar bunga, buah, serangga, laba-laba, kadal kecil, dan kadang-kadang reptil kecil. Kebiasaan makanan juga termasuk menyukai meminum getah tanaman dan bahkan makan getah karet dari pohon. Monyet jari menghabiskan sebagian besarnya dengan membuat guratan-guratan pada lubang di kulit pohon dengan bantuan giginya yang tajam. 

Monyet jari merupakan hewan sosial. Di alam liar, mereka hidup dalam kelompok 6-10 ekor dan saling berpasangan, terutama yang dewasa hingga merambah kepada keturunan mereka. Dalam kelompok mereka berkomunikasi dengan bahasa tubuh, sinyal gerakan, membuat suara-suara bernada tinggi. Mereka merupakan hewan monogami dan hanya satu betina yang akan dikawininya pada suatu waktu. Seekor monyet betina jari bisa melahirkan setiap 5 bulan. Biasanya, betina berkembang biak dan melahirkan anak kembar. Terkadang melahirkan hanya seekor bayi dan juga kembar tiga, kembar empat bahkan, setelah sekitar 135 hari kehamilan. Monyet jari bayi yang baru lahir beratnya sekitar ½ ons.  Monyet jari rentan terhadap kucing, ular dan burung pemangsa. Ketika terancam, jari monyet menggigil. 














0 comments:

Post a Comment