Vitamin D Berkhasiat Menjaga Kesehatan Mulut



Sebuah penelitian terbaru menunjukan peran vitamin D untuk mengurangi risiko infeksi bakteri pada gusi, sehingga perawatan 'mulut sehat' bisa dilakukan dengan mudah.

Gill Diamond, dari New Jersey Dental School, mengungkapkan sebuah penelitian terbaru mengenai infeksi dan imunitas, serta menyarankan bahwa vitamin D mampu mengurangi kemungkinan terjadinya infeksi bakteri pada gusi.

Infeksi di dalam mulut yang terjadi karena adanya bakteri sering disebut gingivitis (radang jaringan gusi) dan periodontitis (radang yang ada di sekitar jaringan pertumbuhan gigi). Keduanya jika tidak langsung diobati akan menjadi masalah yang besar dalam kesehatan mulut.

Di Amerika Serikat (AS) saja, periodontitis mempengaruhi hampir 50 persen penduduk AS. Hal ini menyebabkan mereka kehilangan gigi dan berpotensi besar mengidap penyakit jantung. Namun vitamin D telah terbukti menghasilkan pertumbuhan antibiotik endogen yang mampu membunuh banyak bakteri yang melekat di dalam mulut. Demikian seperti dikutip Biotech 

Meskipun beberapa produk makanan sudah mengandung vitamin D, seperti susu dan sereal, namun kebanyakan penduduk AS masih mengalami kekurangan vitamin D. Secara alami, sesungguhnya vitamin D terkandung pada ikan, seperti lele atau salmon, serta telur dan juga pancaran sinar ultraviolet b dari matahari.

Pada umumnya mereka yang kekurangan vitamin D adalah mereka yang biasa menghabiskan waktu dengan bekerja di dalam ruangan tanpa sinar matahari, memakan-makanan yang tidak sehat dan konsumsi vitamin D yang tidak teratur.

Banyak manfaat dari vitamin D bagi tubuh manusia khususnya untuk menjaga kesehatan mulut. Vitamin ini juga memfasilitasi pertumbuhan dan pemeliharaan tulang dan mengurangi peradangan. Selain itu vitamin D, dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh manusia secara menyeluruh, sehingga mampu melawan berbagai infeksi dan penyakit. 

Bahkan para dokter sedang melakukan penelitian khusus terhadap vitamin D yang berpotensi untuk dibuat menjadi obat pelawan kanker tertentu. 



sumber:techno.okezone.com

0 comments:

Post a Comment