Unik & Aneh Spesies Ampibi Axolotl Meksiko



Axolotl Salamander Meksiko memiliki sifat langka dan mempertahankan fitur larva di seluruh kehidupannya. Kondisi ini, disebut neoteny, berarti membuat kecebong, seperti sirip punggung, yang berjalan hampir sepanjang tubuhnya, dan insang berbulu yang eksternal, yang menonjol dari bagian belakang kepala yang luas.

Axolotl, Ambystoma mexicanum, adalah salamander neotenic, erat terkait dengan Tiger Salamander. Larva spesies ini gagal untuk mengalami metamorfosis. Hal ini juga disebut ajolote (yang juga merupakan nama umum untuk berbagai jenis salamander). Spesies ini berasal dari danau, seperti Danau Xochimilco mendasari Mexico City.  Axolotl digunakan secara ekstensif dalam penelitian ilmiah karena kemampuan mereka untuk regenerasi anggota badan.

Tahap larva dari Tiger Salamander terkait erat (Ambystoma tigrinum dan mavortium Ambystoma), yang tersebar luas di sebagian besar Amerika Utara dan juga kadang-kadang menjadi neotenic, atau dengan mudpuppies (Necturus spp.), Sepenuhnya akuatik salamander yang tidak terkait erat dengan axolotl tetapi memiliki kemiripan superfisial.
Pada tahun 2010, axolotl liar mendekati kepunahan karena urbanisasi di Meksiko City dan perairan tercemar. Normatif ikan seperti nila Afrika dan Asia ikan mas juga baru-baru telah diperkenalkan ke perairan. Ikan baru telah memakan axolotl muda ', serta sebagai sumber utama makanan. 
  Ditemukan secara eksklusif di kompleks danau Xochimilco dekat Kota Meksiko, axolotl berbeda dari salamander lainnya yang paling dalam bahwa mereka hidup secara permanen di dalam air. Dalam kasus yang sangat langka, axolotl akan maju hingga saatnya dan muncul dari air, tetapi setelah besar, mereka puas untuk tetap berada di bawah danau Xochimilco dan kanal.

Kerabat dekat salamander harimau, axolotl bisa sangat besar, mencapai sampai 1 kaki (30 cm) panjangnya, meskipun ukuran rata-rata lebih dekat dengan setengah itu. Mereka biasanya hitam atau belang-belang coklat, namun varietas albino dan putih agak umum, khususnya di kalangan spesimen penangkaran.

Axolotl panjang, bertahan hidup hingga15 tahun pada diet moluska, cacing, larva serangga, krustasea, dan beberapa ikan.Terbiasa menjadi predator di habitatnya, spesies ini telah mulai menderita karena berbagai ancaman alam termasuk burung pemangsa seperti bangau.

Populasinya menurun karena pengeringan dan kontaminasi perairan Danau Xochimilco yang tercemar.  Axolotl panggang dianggap sebagai makanan lezat di Meksiko, jumlah mereka menyusut lebih lanjut. Mereka dianggap sebagai spesies yang terancam punah.
























sumber: www.worldmostamazingthings.com

0 comments:

Post a Comment