5 Bank Tertua Di Dunia


Perekonomian berjuta-juta orang bergantung pada sistem perbankan, produk perbankan dan jumlah transaksi meningkat setiap tahun. Kita dapat meninjau sejarah bank pertama sejak 500 tahun lalu. Mari kita lihat bank apa saja yang tertua di dunia :

5. Bank of New York. Didirikan pada tahun 1784 ( Telah beroperasi 227 tahun)
Bank of New York, dulunya bernama Bank Melon New York. Pendirinya adalah seorang pengacara yang bernama Alexander Hamilton. Bank ini didirikan pada tahun 1784 dan lebih tua dari Bank New York Exchange. Merupakan perusahaan pertama yang terdaftar di NYSE pada tahun 1792. Pada tahun 2007 bank ini berganti nama setelah di akuasisi Mellon Financial Corporation.

4. Bank of Scotland / Halifax Bank of Scotland . Didirikan di Skotlandia pada tahun 1695 (Telah beroperasi 316 tahun).
Bank ini merupakan bank pertama yang mencetak dan mendistribusikan uang kertas dan koin. Didirikan oleh Parlemen Skotlandia untuk mendukung keuangan di Skotlandia pada dekade terakhir abad 17. Pada tahun 2001 bank ini berganti nama menjadi Halifax Bank.
3. C. Hoare & Co Didirikan di London, Inggris pada tahun 1672 (telah beroperasi 339 tahun).
Sir Richard Hoare adalah merupakan pendirinya dan manajemen telah turun dari satu generasi ke generasi berikutnya yang merupakan keturunan keluarga Richard . Selama Perang Dunia II, bangunan utama C. Hoare dihancurkan dan menjadi saksi bisu kebrutalan serangan udara Nazi.

2.  Bank Berenberg Didirikan di Hamburg, Jerman pada tahun 1590 (Telah beroperasi 421 tahun)
Hans dan Paul Berenberg yang bekerja sebagai importir dan eksportir tekstil mendirikan Bank Barenberg pada tahun 1590. Seiring pertumbuhan ekonomi Hamburg, bank semakin besar dan diperluas. Hal ini dikenal sebagai bank tertua ke 2 di Eropa setelah Banca Monte dei Paschi.

1. Banca Monte dei Paschi Didirikan di Siena, Italia pada tahun 1472 (Telah beroperasi 539 tahun)
Merupakan bank tertua di dunia . Pada awal bank ini berdiri hanya melayani transaksi pinjaman dan pembiayaan kepada para petani dan pemilik lahan pertanian dan di khususkan kepada pemilik modal dan usaha kecil sekitar Siena.

0 comments:

Post a Comment