Membatasi Porsi Makan, Efektif Untuk Died



Menjalani diet memang susah-susah gampang. Diet bukan hanya mengurangi makan, tetapi juga mengendalikan pikiran. Tidak sulit dijalankan jika Anda paham trik praktis mengatur pikiran agar porsi makan tetap terkontrol.


Usai berlebaran, mungkin Anda sedang berusaha mengembali pola makan. Berdiet kembali baik dilakukan jika berat badan mulai naik. Melakukan diet menurun berat badan memang tidak mudah. Selain jenis dan jumlah makan yang dikurangi, pikiranpun perlu dilatih untuk mengikuti pola makan yang ditentukan.

Beberapa trik sederhana ini bisa dengan mudah dilakukan, praktis dan tidak merepotkan:

Ukuran Peralatan Makan
Gunakan piring makan yang lebih kecil, demikian juga dengan gelas minum. Secara psikologis Anda akan merasa penuh dan kenyang dengan piring kecil yang terisi penuh. Otomatis jumlah makanan yang masuk akan berkurang.

Setengah Porsi Sayuran
Sayuran yang mengandung serat, air dan vitamin akan memberi rasa kenyang lebih lama. Karena itu isilah setengah bagian piring dengan sayuran. Bisa berupa sayuran tumis atau salad. Bagian lain bisa diisi dengan lauk protein dan sumber karbohidrat.

Makan dengan Sumpit
Dengan sumpit, jumlah makanan yang Anda ambil akan lebih sedikit dan sering. Ini akan membuat Anda makan lebih lama dan mudah mengontrol porsi makanan. Berhentilah sebelum kenyang.

Makanan Berair
Makanan yang mengandung air seperti buah-buahan, sup atau salad, semangka atau timun akan memberi rasa puas dan kenyang lebih lama. Riset di Penn State menemukan mereka yang makan salad sebagai makanan pembuka, asupan kalorinya berkurang hingga 12%.

Makan di Meja Makan
Sebaiknya makanlah di meja makan dengan duduk di kursi. Riset yang diungkap American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan mereka yang makan sambil mengerjakan pekerjaan lain, memori akan makanan akan terhapus dari otak. Akibatnya, mereka tak merasa sudah makan dan akan makan camilan lebih banyak.




sumber:detikfood.com

0 comments:

Post a Comment