Untuk Mencegah Sakit Tenggorokan, Jauhi Air Es



INFEKSI saluran pernapasan atas menjadi keluhan penyakit yang khas di musim kemarau. Salah satu pemicunya adalah karena minum air es.
Udara yang panas selama musim kemarau akan membuat kita mudah berkeringat hingga kebutuhan akan minum pun meningkat. Sayangnya, air es menjadi sasaran banyak orang ketika dahaga menyerang. Justru ini yang akan merangsang terjadinya iritasi saluran pernapasan atas dan berlanjut menjadi infeksi saluran pernapasan atas.
"Udara yang panas membuat kita cenderung untuk mengonsumsi air dingin atau air es. Kondisi ini akan merangsang iritasi yang terjadi pada saluran pernapasan atas dan menyebabkan terjadinya infeksi saluran pernapasan," papar Dr dr Ari F Syam SpPD-kGEH, MMB, FINASIM, FACP dari bidang Ilmu Biomedik Universitas Indonesia dalam rilisnya.
Sakit tenggorokan merupakan gejala awal infeksi saluran pernapasan atas. Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan agar terhindar dari infeksi saluran napas atas.
"Menghindari terpapar dengan udara langsung karena musim kemarau cenderung menjadikan lingkungan tidak sehat dengan debu dan asap, mempertahankan kebiasaaan banyak minum dan tentu bukan air es sehingga saluran pernapasan atas tidak kering dan tidak teriritasi," imbuhnya.

sumber:id.msn.com

0 comments:

Post a Comment