Gara2 Tranfusi Darah, 23 Anak India Terinfeksi HIV



Maksud hati ingin melakukan transfusi darah, 23 anak yang menderita penyakit genetik langka justru terinfeksi virus HIV. Insiden ini menggemparkan India.
Nasib malang dialami 23 anak yang sedang dirawat di sebuah rumah sakit pemerintah di Distrik Junagadh, Provinsi Gujarat. Mereka yang melakukan transfusi darah di antara Januari hingga Agustus tahun ini, justru terinfeksi virus HIV yang mematikan.
Anak-anak ini sebelumnya dirawat karena menderita penyakit thalassemia, sebuah penyakit genetik yang mengharuskan dilakukannya transfusi darah secara reguler.
Tetapi, tidak disangka, ternyata darah yang ditransfusikan kepada anak-anak tersebut mengandung virus HIV yang menyebabkan AIDS. Tim dokter pun langsung diturunkan untuk menyelidiki peristiwa ini. Demikian diberitakan Daily Mail, Selasa (13/9).
Menurut juru bicara pemerintah Provinsi Gujarat Jai Narayn Vyas, banyak dari anak-anak yang terinfeksi ini menerima transfusi dari lebih dari satu rumah sakit. Namun pihak orangtua dari anak-anak yang menjadi korban ini mengatakan, mereka menerima darah hanya dari rumah sakit pemerintah.
Sebagian besar dari korban diketahui berasal dari keluarga miskin. Mereka seluruhnya menderita penyakit thalassemia. Penyakit ini menyebabkan tubuh tidak dapat memproduksi jumlah protein globulin. Akibat gangguan ini, tubuh dikabarkan tidak mampu membentuk darah dan menyebabkan anemia sehingga membutuhkan transfusi darah terus menerus.

sumber:surabayapost.co.id

0 comments:

Post a Comment