Puyol, Ambil Bagian Selamatkan Orang Utan


Bek Barcelona, Carles Puyol.

Tak salah jika bek Barcelona, Carles Puyol, mendapat julukan Tarzan dari banyak pihak. Selain kuat, liar, dan punya keberanian, Puyol juga mempunyai kepedulian dan cinta kepada alam.
Puyol kini ikut serta dalam kampanye untuk menyelamatkan orang utan yang mulai terancam punah. Puyol tampil dalam poster yang bertuliskan "I care - Do You?" yang merupakan kampanye baru dari International Animal Rescue (IAR) dan Great Apes Survival Partnership (GRASP). Kampanye ini bertujuan untuk menghindari punahnya orang utan yang kini diperkirakan hanya berjumlah 66.000. Diprediksi, jika tak diselamatkan, dalam 20 tahun ke depan spesies orang utan akan punah dari muka bumi.

"Keadaan orang utan merupakan masalah yang sangat menyentuh saya. Ketika ditanya apakah akan mendukung kampanye ini, saya tak pernah ragu. Waktu berjalan cepat bagi kera raksasa ini dan saya bangga menjadi bagian dari upaya untuk menyelamatkan mereka," kata Puyol.

Direktur IAR, Karmele Llano Sanchez, berharap dengan hadirnya Puyol dalam kampanye, mereka bisa menarik perhatian dari orang banyak. Ia berharap, kampanye ini bisa menyadarkan orang untuk melindungi orang utan, bukan justru menganiaya mereka.

"Di Kalimantan, hutan dihancurkan untuk perkebunan sawit. Manusia dan satwa liar dipaksa untuk bersaing demi mendapatkan ruang dan sumber daya. Dalam sebuah situasi yang mengerikan, sulit meyakinkan orang untuk melindungi orang utan, bukan menganiayanya," ujar Sanchez.

"Carles Puyol merupakan pahlawan olahraga di Indonesia dan diidolakan oleh generasi muda dan tua. Berkat dia kami akan mampu menyebarkan pesan kami kepada khalayak luas untuk meningkatkan kesadaran tentang kondisi orang utan dan mendorong mereka untuk mendukung upaya kami," sambungnya.



sumber:kompas.com

0 comments:

Post a Comment