Perhiasan Emas Evita Peron Senilai 42,8 Milyar Ditemukan



Perhiasan María Eva Duarte de Perón, ibu negara Argentina (1946-1952), yang dicuri berhasil ditemukan oleh polisi Italia. Perhiasan itu antara lain mahkota berlian yang diberikan oleh keluarga Kerajaan Belanda senilai lebih dari Rp 42,8 miliar. Ada pula perhiasan berupa satu set anting-anting dan cincin. Perhiasan itu ditemukan di sebuah hotel melalui operasi penyamaran.
Eva, atau lebih dikenal dengan Evita Peron, terkenal memiliki gaya hidup yang glamor. Gayanya itu menjadi inspirasi banyak perempuan, salah satunya ratu pop Madonna yang bermain memerankan profilnya.

Seperti yang dilaporkan oleh Daily Mail, Kamis 23 Juni 2011, perhiasan itu dicuri oleh kelompok penjahat Serbia di sebuah butik Valencia, Spanyol, pada Desember 2009. Kelompok penjahat itu melakukan penipuan dengan berpura-pura menjadi syekh dari Arab.

Mereka menipu pemilik perhiasan untuk mengambil-alih barang berharga itu dengan memberikan jaminan palsu sebelum terbang ke Italia. Tahun lalu, Kepolisian Spanyol menangkap enam anggota kelompok itu, tetapi mereka tidak mendapatkan perhiasan yang mereka curi.

Polisi kemudian melakukan penyamaran untuk mendapatkan informasi dari teman-teman geng itu di Milan, Italia. Lalu, polisi melakukan operasi penyamaran dan berhasil mengusut keberadaan salah satu anggota geng lainnya. Polisi lalu membuntutinya selama beberapa bulan sebelum menangkapnya di sebuah hotel. Saat ditangkap, polisi menemukan perhiasan Evita itu di dalam kamarnya.

Evita Peron semasa hidupnya dikenal memiliki koleksi perhiasan mahal keluaran Christian Dior dan Cartier. Meski demikian, ia juga dikenal karena kecintaannya terhadap kaum pekerja.
Sejumlah barang-barang pribadinya telah dilelang pada 2003, antara lain kalung dengan batu rubi dan berlian yang dijual di Amerika seharga Rp 3,5 miliar. Bahkan, kain kafan yang membungkus jasadnya dilelang seharga lebih dari Rp 1,3 miliar di Roma.


sumber:tempo.co

0 comments:

Post a Comment