Jumlah Kegagalan Dan Keberhasilan



Terselip banyak kegagalan di tengah jalan menuju keberhasilan, itulah kenyataan yang sulit dihindari. Mungkin kita tidak pernah memperhatikan bahwa kegagalan seringkali lebih besar jumlahnya daripada keberhasilan. Hal ini pula yang dialami beberapa tokoh terkenal berikut ini :

ABRAHAM LINCOLN. Berikut adalah daftar kegagalan Lincoln : Tahun 1831 ia mengalami kebangkrutan dalam usahanya; 1832 ia kalah dalam pemilihan lokal; 1833 ia kembali mengalami kegagalan dalam usahanya; 1836 ia stres dan menderita tekanan mental sedemikian rupa sehingga hampir masuk rumah sakit jiwa; 1837 ia kalah dalam lomba pidato; 1840 ia gagal dalam pemilihan anggota Senat Amerika Serikat; 1842 ia mengalami kagagalan untuk duduk sebagai anggota Konggres Amerika; 1847 ia kalah lagi di konggres; 1855 ia kalah lagi di Senat Amerika Serikat; 1856 ia gagal untuk duduk sebagai Wakil Presiden Amerika Serikat; 1858 ia gagal lagi di Senat. Setelah rentetan kegagalan tersebut, akhirnya pada tahun 1860 ia berhasil terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat ke-16.

SOICHIRO HONDA. Dalam dunia pendidikan, Honda tergolong orang kurang berhasil. Ia bukan siswa yang memiliki otak yang cermelang. Pengakuannya, "NILAIKU JELEK DI SEKOLAH. TETAPI AKU TIDAK BERSEDIH, KARENA DUNIAKU DI SEKITAR MESIN, MOTOR DAN SEPEDA." Ia pernah kuliah, tetapi karena kehabisan uang, ia keluar dari universitasnya. Di kesempatan yang lain, ia kembali kuliah. Siang hari, setelah pulang kuliah, ia langsung ke bengkel mempraktekkan pengetahuan yang batu diperoleh. Setelah dua tahun menjadi mahasiswa, ia akhirnya dikeluarkan karena jarang mengikuti kuliah. Dalam dunia bisnis, kegagalan yang pernah ia alami adalah ketika ring pinston yang dihasilkan oleh bengkelnya ditolak di Toyota, karena dianggap tidak memenuhi standar. Ring buatannya tidak lentur dan tidak laku dijual. Karena kegagalan itu, Honda jatuh sakit cukup serius. Tetapi, ia pekerja keras. Dan, di kemudian hari pihak Toyota menerimanya. Ketika Honda berhasil mendirikan pabrik, musibah datang menimpanya, yaitu pabriknya terbakar sampai dua kali. Musibah tidak berhenti sampai di sini. Saat pabrik sudah didirikan kembali, ada gempa bumi yang menghancurkannya. Setelah melewati banyak kegagalan, akhirnya Honda berhasil mendirikan pabrik motor. Sejak saat itu, kesuksesan tak pernah lepas dari tangannya.

THOMAS ALVA EDISON. Satu pengalaman menarik dari Thomas Alva Edison adalah dia berhasil menemukan lampu pijar setelah ratusan kali mengalamai kegagalan.

Dua pelajaran dapat kita ambil dari pengalaman ketiga tokoh tersebut, yaitu : PERTAMA, kegagalan seharusnya tidak menghalangi kerinduan dan usaha seseorang untuk berhasil. KEDUA, sekian banyaknya kegagalan dapat "terhapus" dengan satu keberhasilan. Orang mengingat ketiga tokoh di atas sebagai orang berhasil, bukan orang gagal.

"SEKALIPUN HANYA SATU KEBERHASILAN, TETAPI ITULAH YANG AKAN MENGINGATKAN ORANG AKAN KITA"

0 comments:

Post a Comment