Kekuatan Persatuan



Salah satu yang tidak disukai iblis adalah persatuan. Iblis tidak senang melihat jemaat Tuhan bersatu, hamba-hamba Tuhan bersatu, atau keluarga bersatu. Karena itu, iblis akan mencari dan menemukan cara untuk menciptakan perpecahan dalam kehidupan orang percaya.

Mengapa iblis tidak suka dengan kesatuan hati dan kerukunan ? Karena ia tahu bahwa di dalam persatuan, umat Tuhan akan menerima berkat-berkat dari Tuhan.

Iblis adalah pencuri, sebagaimana digambarkan dalam Yoh 10:10 yang berkata, "Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan."

Sebagai orang percaya, kita perlu mewaspadai pekerjaan iblis di balik setiap perpecahan yang terjadi. Di dalam perpecahan, iblis mudah dapat memasukkan pengaruh jahatnya. Itu sebabnya Rasul Paulus menasehati jemaat di Korintus, "Tetapi aku menasehatkan kamu, saudara-saudara, demi nama Tuhan Yesus Kristus, supaya kamu seia sekata dan jangan ada perpecahan di antara kamu, tetapi sebaliknya supaya kamu erat bersatu dan sehati sepikir."

Perbedaan pendapat dan ketidakcocokan pasti akan kita temukan, tetapi ketika kita diperhadapkan dalam kondisi yang sedemikian, carilah solusi yang bijaksana. Jangan biarkan kebencian dan amarahmu menguasai, tetapi kalahkanlah siasat si iblis dengan mencari titik temu yang dapat diterima oleh pihak-pihak yang bermasalah. Ada berkat dan kekuatan di dalam persatuan.

Gambarannya dapat kita lihat dalam ilustrasi di bawah ini :

Serombongan merpati terbang untuk mencari makan. Seekor dari merpati tersebut melihat butiran-butiran padi berserakan di sebuah pelataran. Ia pun mengajak teman-temannya menukik ke bawah. Ketika mereka sedang asyik memakan padi tersebut, tiba-tiba sebuah jala yang cukup lebar jatuh di atas mereka dan merpati-merpati tersebut terperangkap didalamnya. Sebelum pemburu datang menangkap mereka, burung-burung merpati tersebut sepakat untuk merentangkan sayap mereka dan terbang bersama-sama sambil membawa jala itu naik. Berat rasanya, tapi dengan bersatu mereka berhasil membawa jala itu terbang. Di sebuah hutan dengan pepohonan yang tinggi mereka terbang dengan jarak berjauhan agar jala itu terentang. Lalu, mereka menukik dan jala itu pun tersangkut pada pepohonan.

Rombongan merpati itu keluar dari bawah, dan terbebas.

Meskipun cerita di atas hanya cerita ilustrasi belaka, namun ini merupakan gambaran positif mengenai persatuan. Banyak berkat yang kita dapatkan melalui persatuan.

Saat ini jika sedang ada perpecahan di antara kita, upayakanlah pemulihan dan persatuan.

Rendahkan diri untuk bisa memaafkan, saling menerima, dan memperbaiki sikap. Jangan biarkan iblis mengambil keuntungan dari ketidakharmonisan satu dengan yang lain.

"Iblis tidak takut ketika umat Tuhan hanya sekedar berkumpul, tapi ia takut ketika mereka bersatu hati"

0 comments:

Post a Comment