Mungkinkah Kerusakan Yang Disebabkan Stroke Dapat Sembuh?



Itu tergantung pada penyebab dan tingkat kerusakannya. Misalnya, bila masalahnya adalah pengerasan dinding pembuluh darah (arteriosclerosis) karena tekanan darah tinggi, maka satu-satunya jalan yang dapat dilakukan adalah menjaga agar tekanan darah tetap normal dan suplai darah ke otak mencukupi.
Bila penyebabnya adalah penyumbatan pembuluh darah (dilihat dengan sinar X), penyumbatan mungkin dapat disingkirkan atau pembuluh yang rusak diganti dengan pembuluh yang dicangkokkan.
Bila stroke disebabkan oleh pendarahan otak yang menekan jaringan otak, darah yang membeku dapat diambil melalui operasi.
Biasanya, tindakan operasi sekali pun tidak banyak menolong. Kebanyakan pasien stroke lebih memerlukan perawatan untuk mencegah efek yang ditimbulkan daripada tindakan operasi uantuk mengobati penyebabnya (di Inggris saja terdapat 125.000 penderita stroke tiap tahun). Dan banyak hal yang dapat dilakukan. Otak manusia itu pegas dan tidak seluruhnya digunakan. Pada otak terdapat bagian-bagian yang tidak mempunyai fungsi yang jelas dan bertugas mengambilalih pekerjaan bagian lain yang sedang rusak. Seorang penderita stroke dapat ditolong dengan fisioterapi dan pengobatan medis serta diberi perhatian dan dorongan moril oleh orang-orang yang dikasihinya. Aktris Patricia Neal, misalnya, yang tubuhnya lumpuh separuh dan mulutnya tidak bisa bicara setelah terkena stroke, ternyata bisa sembuh kembali berkat pertolongan fisioterapi dan pengobatan medis serta perhatian yang terus-menerus dari suami dan sahabat-sahabatnya. Bahkan, ia kembali dan berhasil mencapai sukses.
(Catatan: stroke adalah serangan pada otak yang dapat mengakibatkan kelumpuhan).

Claire Rayner

0 comments:

Post a Comment