5 Gangguan Penyakit Ini Menyingkir Jika Punya Gigi Sehat



Punya gigi sehat tidak hanya bermanfaat buat mulut. Setidaknya ada 5 gangguan penyakit yang bakal minggir jika punya gigi sehat karena gigi yang bersih tidak akan menyebarkan kuman masuk ke dalam tubuh.

Kesehatan gigi mungkin belum menjadi prioritas semua orang. Tapi sebenarnya jika seseorang memiliki gigi yang sehat, maka ia bisa mendapatkan banyak keuntungan selain senyum indahnya.

Memiliki gigi yang sehat adalah suatu keharusan bagi setiap orang agar bisa memberinya kesejahteraan secara menyeluruh, karena gigi dan tubuh sehat seperti dua sisi yang saling berkaitan.

Hal ini karena gigi memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari seperti halnya semua yang masuk ke dalam usus pasti melewati gigi terlebih dahulu, dan gigi yang sehat dapat mengurangi risiko terkena kondisi medis parah.

Jika memiliki gigi yang sehat maka ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan, seperti dikutip dari Lifemojo, Jumat (24/6/2011) yaitu:

1. Jantung menjadi sehat
Bakteri yang menyebabkan infeksi gusi bisa menyebabkan atau memperburuk aterosklerosis (pengerasan arteri) yang bisa memicu penyakit jantung. Hal ini karena beberapa bakteri penyebab  penyakit tertentu bisa memasuki aliran darah melalui gusi dan menempel di pembuluh darah sehingga menjadi plak dan penyumbatan.

2. Menjaga gula darah tetap stabil
Bagi orang yang memiliki diabetes maka penting untuk memiliki gigi sehat. Jika kadar gula darah tinggi bisa mengembangkan penyakit  periodontal yang nantinya akan berdampak pada kadar gula darah, sehingga seperti membentuk lingkaran setan.

3. Menghindari masalah pencernaan
Proses pencernaan dimulai dengan proses fisik dan kimia di dalam mulut. Diawali dengan proses gigi menggigit makanan menjadi potongan kecil agar mudah dicerna oleh usus. Jika ada masalah dalam proses ini maka bisa menyebabkan gangguan di usus, sindrom iritasi usus dan gangguan pencernaan lainnya.

4. Melindungi memori
Dalam Journal of Neurology, Neurosurgery & Psychiatry ditemukan orang dewasa yang memiliki radang gusi (bengkak atau gusi berdarah) cenderung melakukan tes memori dan kemampuan kognitif yang lebih buruk, dan orang dengan bakteri patogen tinggi akan 3 kali lebih sulit melakukan tes memori verbal.

5. Mengurangi risiko infeksi dan peradangan pada tubuh
Kesehatan gigi yang buruk bisa menyebabkan infeksi di bagian tubuh lain. Dan satu studi menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara penyakit  gusi dengan penyakit autoimun rheumatoid arthritis yang menyebabkan peradangan sendi. Hal ini karena mekanisme perusakan jaringan ikat dikedua penyakit ini mirip.


sumber: detikhealth

0 comments:

Post a Comment