Cara Aman menyantap Makanan Panggang



Suka sate bakar? Atau iga bakar? Makanan panggang memang sangat menggugah selera. Apalagi jika ditambah dengan sambal racikan. Hmmm..yummy.

Tapi anda jangan senang dulu. Menurut ahli kesehatan mengkonsumsimakanan yang diolah dengan cara dibakar dapat menimbulkan penyakit kanker. Jadi, agar makanan bakar dapat anda nikmati tanpa rasa takut, ikuti langkah mudah di bawah ini

a. Memilih bahan daging atau ikan yang masih segar. Rasa yang akan dihasilkan biasanya lebih manis dibandingkan dengan bahan yang sudah lama terkontaminasi dengan suhu ruangan.

b. Sosis, daging asap atau daging olahan yang banyak dijual di supermarket sebaiknya jangan dipanggang. Karena dapat menghasilkan nitrosamin diakibatkan adanya perpaduan antara garam dan zat warna dalam daging tersebut.

c. Untuk menghemat waktu dalam memanggang, sebaiknya semua bahan diolah sampai setengah matang. Anda dapat lakukan seperti mengukus atau mengungkep dan bahan-bahan bumbu pun dapat meresap ke dalam daging atau ikan.

d. Potong daging dalam ukuran yang kecil dan tipis. Sehingga bahan akan mudah matang secara merata.

e. Hindari mengkonsumsi makanan panggang secara berlebihan. Sajikan dengan buah atau sayuran sebagai lalapan agar memberi khasiat anti oksidan pada tubuh anda.

sumber:klikini.com

0 comments:

Post a Comment