Kedele Merupakan Sumber Protein Yang Terkaya



Salah satu sumber protein yang terkaya ialah kedele. makanan yang sederhana ini mengandung protein yang lengkap. Kedele di tanam di China dan Jepang berabad-abad lamanya, lama sebelum sejarah negara-negara ini ditulis.
Kedele mengandung banyak sekali protein. Pada hakekatnya kedele itu mengandung protein dan dua kali sebanyak yang di dalam daging dan empat kali sebanyak yang di dalam telur. Kedele mengandung juga minyak tumbuh-tumbuhan yang tinggi mutunya yang tidak mengandung cholesterol di dalamnya. Selain dari itu, minyak kedele mengandung juga lecithin, yang berfaedah sekali dalam pengendalian kadar cholesterol di dalam tubuh. Kedele juga mengandung sedikit sekali hidrat arang sehingga pasien yang menderita penyakit gula dapat menggunakannya dengan leluasa. Kedele bersifat alkalis dan sebagai tambahan mengandung juga semua vitamin yang penting.
Bayi yang alergis terhadap susu sapi biasanya dapat minum susu kedele tanpa kesulitan apapun.
Di Amerika Serikat banyak jenis makanan dibuat dari kedele. Kedele dipakai juga untuk membuat es krim, gula-gula, kecap, tahu, tempe dan tepung. Berjenis-jenis kedele dihasilkan untuk maksud ini. Sisa pembuatan makanan seperti ini dipakai untuk membuat cat, pernis, obat kecantikan, karet sintetis dan tinta cetak. Sesungguhnya kedele itu merupakan suatu tanaman serbaguna dan untuk itu kita harus berterima kasih kepada sahabat-sahabat kita di China dan Jepang.
Para ahli gizi dan ahli kimia makanan sibuk menyelidiki cara-cara baru untuk pemakaian makanan protein yang penting ini. Tidak disangsikan lagi kedele dapat mengatasi persoalan untuk memberi makanan kepada dunia yang berkelebihan penduduk. Itulah salah satu makanan kita yang terbaik, pemberian alam yang besar kepada manusia. ***

(Sumber: Protein Untuk Kesehatan)

0 comments:

Post a Comment