Roh Belalang (1)



Oleh: Pst. Rudyanto Lay

Kel 10:13-15,”Lalu Musa mengulurkan tongkatnya ke atas tanah Mesir, dan TUHAN mendatangkan angin timur melintasi negeri itu, sehari-harian dan semalam-malaman, dan setelah hari pagi, angin timur membawa belalang. Datanglah belalang meliputi seluruh tanah Mesir dan hinggap di seluruh daerah Mesir, sangat banyak; sebelum itu tidak pernah ada belalang yang demikian banyaknya dan sesudah itupun tidak akan terjadi lagi yang demikian. Belalang menutupi seluruh permukaan bumi, sehingga negeri itu menjadi gelap olehnya; belalang memakan habis segala tumbuh-tumbuhan di tanah dan segala buah-buahan pada pohon-pohon yang ditinggalkan oleh hujan es itu, sehingga tidak ada tinggal lagi yang hijau pada pohon atau tumbuh-tumbuhan di padang di seluruh tanah Mesir.” 

Firman Tuhan dalam ayat tersebut di atas bercerita mengenai salah satu tulah yang Tuhan kirimkan kepada seluruh penduduk Mesir, yaitu belalang dan saat ini kita membahas mengenai salah satu sifat buruk yang akhir-akhir ini ada dalam kehidupan orang percaya yaitu tidak konsisten dan tidak memiliki komitmen yang dilambangkan dengan roh belalang (karena salah satu sifat belalang adalah melompat kesana dan kemari)

Akhir-akhir ini kita seringkali tidak konsisten dan tidak memiliki komitmen dalam :

1) Rumah tangga

Akhir-akhir ini banyak perceraian terjadi dalam keluarga (termasuk keluarga Kristen) hanya karena suami istri tidak memiliki komitmen dalam berkeluarga.

2) Dunia bisnis

Akhir-akhir ini banyak terjadi pengkhianatan di antara sesama rekan bisnis hanya karena mereka tidak memiliki komitmen dalam bisnis yang mereka jalani.

3) Dunia politik

Akhir-akhir ini banyak politikus yang menjadi oportunis hanya karena mereka tidak memiliki komitmen untuk berpolitik dalam satu partai tertentu.

4) Pelayanan

Akhir-akhir ini banyak orang percaya tidak memiliki komitmen untuk melayani dan tidak mau menjadi jemaat di satu gereja tertentu.

Kita telah membahas secara singkat mengenai roh belalang dan di waktu yang akan dating kita akan membahas mengenai penyebab timbulnya roh belalang dalam hidup kita

GBU and family always, my sisters and brothers

0 comments:

Post a Comment