Sehat Dimulai Dari Diri Anda



COBA ANDA TEBAK, SALAH SATU ORGAN TUBUH YANG TIDAK PERNAH BERHENTI BEKERJA SEMENJAK KITA LAHIR SAMPAI HARI INI ? Benar, jantung! Organ tubuh yang paling vital ini terus memompa darah dan mengedarkan ke seluruh jaringan tubuh. Pernahkah Anda berpikir bagaimana jantung bekerja selama ini ? Apakah dia terus-menerus bekerja dengan ritme yang sama setiap harinya ? Ada banyak peristiwa yang terjadi dalam hidup Anda dan hal ini sangat berpengaruh pada cara kerja jantung Anda.

Bagaimana dia bekerja ketika Anda melihat orang yang Anda incar berjalan di depan Anda atau bahkan tersenyum simpul ke arah anda ? Jantung berdebar dengan kencang. Atau bagaiman saat orang yang Anda sayangi mengatakan "putus" Jantung terasa berhenti berdetak. Atau ingatkah Anda ketika tiba-tiba perusahaan tempat Anda bekerja mengumumkan akan diadakan PHK besar-besaran, belum lagi kejutan-kejutan lain dalam hidup. SEBERAPA KUAT ANDA MENGHADAPINYA, TERGANTUNG SEBERAPA KUAT JANTUNG ANDA MENERIMANYA.

Meski UKURAN HANYA DUA KEPALAN TANGAN, jantung bekerja non-stop tanpa istirahat. Ia bekerja lebih keras saat Anda merasa takut, cemas, dan stres. Tentu Anda tidak ingin membayangkan akibatnya jika jantung bilang, "Tidak kuat lagi" Kenyataannya, tiap tahun jutaan orang mengalaminya.

POLA HIDUP SEIMBANG MASIH RESEP TERBAIK UNTUK JANTUNG SEHAT DAN KUAT; makanan bergizi, olah raga teratur dan menjauhi kebiasaan buruk, seperti merokok dan minuman alkohol. Kedengarannya memang berat, tetapi tidak berarti mustahil di lakukan. Olah raga tidak harus berat dan membosankan kok. Untuk memulai lakukanlah hal-hal yang menyenangkan seperti menari mengikuti irama musik, membersikan rumah atau naik turun tangga di rumah atau kantor. MANFAATNYA TIDAK SESEPELE KELIHATANNYA.

Begitu juga untuk makanan bergizi, Anda tidak perlu mangubah drastis kebiasaan makan. Semua makanan baik untuk tubuh, selama dikonsumsi dalam jumlah cukup dan bervariasi. Tapi ada BEBERAPA JENIS MAKANAN YANG BAIK UNTUK JANTUNG, seperti brokoli, kacang-kacangan dan omega 3 yang terdapat pada ikan. Mulailah membatasi lemak jenuh, minyak goreng, makanan berkadar garam tinggi dan kolesterol, karena merupakan musuh terbesar jantung.

SAYANGILAH JANTUNG ANDA supaya Anda dapat berbuat lebih banyak lagi dalam hidup. Jagalah anugerah hidup dengan menjaga pola hidup yang sehat dan seimbang.


Lisa Esther

0 comments:

Post a Comment