Mahasiswa Meksiko Merancang Robot Untuk Mengolah Lahan Pertanian



Seorang mahasiswa di Meksiko merancang cara baru untuk mengolah lahan pertanian dengan dana yang lebih murah ketimbang harus membayar tenaga kerja imigran. Solusinya dengan membuat robot yang bisa melakukan pekerjaan petani.

Mahasiswa sebuah universitas di Meksiko ini membuat rancangan mesin berbentuk manusia yang mampu membajak, mananam, menyemprot dan memanen jagung. Beberapa pejabat setempat tampaknya tertarik untuk membuatnya menjadi nyata.

"Meskipun purwarupa robot tersebut belum ada, namun nantunya robot paralel dipandu oleh kabel yang akan mengotomatisasi jagung tumbuh. Eduardo Rodriguez Hernandez, ialah penemunya, dia telah mengembangkan konsep operasi dan kontrol secara lengkap," demikian pernyataan yang diungkapkan National Autonomous University of Mexico (UNAM).

Hernandez sendiri merupakan seorang mahasiswa mekatronik (robot). Dia ingin memastikan robot tersebut memiliki semua fungsi seorang petani. Rencananya, robot tersebut akan digunakan untuk kepentingan negara Meksiko bukan Amerika Serikat (AS).

"Robot tersebut akan memiliki fungsi seorang petani yang berpengalaman," ujar Hernandez.

Robot ini nantinya akan mengolah tanah, memasukan bibit tertentu dan memelihara tanah dari pestisida dan pupuk. Dengan kata lain, ini adalah robot yang dapat mengelola seluruh proses dari biji untuk tanaman yang dapat dimakan.

Selain kursus standar di mekanik dan rekayasa, Hernandez terinspirasi untuk merealisasikan gagasannya karena ia adalah putra dari seorang petani. Langkah berikutnya adalah mencoba untuk menempatkan desain untuk penggunaan yang lebih praktis. "Kami Segera berharap untuk membuat desain purwarupa, tapi kita harus mengatakan bahwa kadang-kadang tidak mudah untuk membayangkan hal-hal seperti ini," pungkasnya.

0 comments:

Post a Comment