Tips Pertolongan Pertama Bagi Pendarahan



Kasus pendarahan membutuhkan penanganan yang cepat. Luka yang mengeluarkan darah berwarna merah terang menandakan adanya pembuluh nadi yang rusak. Bila darah yang keluar berwarna merah tua dan tidak deras berarti ada urat darah halus yang pecah.
Bantuan pertama yang dapat kita berikan dalam kasus-kasus seperti ini adalah dengan membalut erat-erat luka tersebut dengan sehelai sapu tangan bersih atau menekannya dengan jari-jari tangan yang bersih. Lakukan hal itu sampai bantuan medis datang.
Bila pendarahan berkurang, balutlah lukanya dengan pembalut yang tebal dan tangan atau kaki yang terluka harus diangkat supaya letaknya lebih tinggi dari kepala. Dalam kasus kaki yang terluka, baringkan pasien dalam posisi terlentang di lantai dan tumpangkan kakinya pada kursi.
Jangan sekali-kali mencoba untuk membuang darah beku yang terbentuk disekeliling luka. Jangan sekali-kali melepas pembalut yang sudah basah oleh darah, tumpangi saja dengan pembalut baru dan demikian seterusnya sampai bantuan tiba.
Jangan sekali-kali mencoba menggunakan turniket, karena pemakaian turniket membutuhkan keahlian tersendiri.
Ingat bahwa tekanan langsung pada luka merupakan cara pertolongan pertama yang terbaik.
Bila diduga terjadi pendarahan di dalam tubuh dengan gejala-gejala: syok, wajah memucat, denyut nadi meningkat, napas memburu, kesakitan dan keresahan; biarkan pasien terbaring di tempatnya semula sampai bantuan medis datang. 

(Claire Rayner)

0 comments:

Post a Comment