Lupa Jangan Dianggap Remeh, Karena Bisa Juga Merupakan Suatu Penyakit



Lupa adalah hal yang sering dianggap lumrah oleh banyak orang, apalagi jika terkait dengan pertambahan usia. Tapi ada beberapa jenis lupa yang patut diwaspadai yang mungkin itu adalah pertanda dari penyakit serius.

Lupa merupakan ketidakmampuan seseorang untuk mengungkapkan apa yang ada di dalam memori otaknya. Seiring bertambahnya usia, kemampuan memori otak juga akan menurun.

Tapi jika masih muda sudah mengalami masalah lupa yang parah hendaknya hal itu jangan dianggap remeh. Memang terlalu banyak informasi yang diterima oleh otak juga kadang membuat orang tidak fokus dan akhirnya menjadi lupa.

Tapi lupa-lupa seperti di bawah ini menurut The American Academy of Family Physicians hendaknya patut diwaspadai karena kehilangan memori jenis tertentu dapat menunjukkan sesuatu yang jauh lebih serius seperti dilansir Epharmapedia.


Tiba-tiba melupakan hal-hal jauh lebih sering daripada yang pernah terjadi

Memiliki kesulitan mengingat hal-hal yang telah dilakukan berkali-kali

Memiliki kesulitan mempelajari hal-hal baru

Menceritakan cerita hal yang sama atau kalimat yang sama berulang kali dalam percakapan

Mengalami kesulitan dalam membuat keputusan

Memiliki kesulitan mengingat ulang kejadian sehari-hari.

Salah satu penyakit lupa yang paling ditakuti adalah alzheimer yang merupakan penyakit neurodegeneratif atau penurunan fungsi saraf otak. Meskipun penyakit ini kebanyakan diderita usia lanjut, tapi tidak menutup kemungkinan orang yang belum lanjut pun dapat mengalaminya.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan memori dan mengurangi risiko mudah lupa, yaitu tetaplah aktif secara mental, sosial dan fisik, serta mengonsumsi makanan yang bisa menyehatkan otak seperti rendah lemak dan kolesterol tapi kaya akan sayuran berwarna gelap dan juga buah-buahan.


sumber: detikhealth

0 comments:

Post a Comment