Perjuangkan Impian Menuju Marina da Gloria, Brazil



Selamat, PSSI! Tak perlu diceritakan ulang drama 45 menit babak kedua Indonesia versus Turkmenistan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (28/7/2011) malam. Kendati cuma unggul tipis 4-3 dari lawan (agregat 5-4). Timnas masih dapat berubah lebih baik lagi. Si Merah-Putih menyuguhkan tontonan berperforma apik setelah diracik hanya selama dua pekan terakhir oleh duet Wim Rijsbergen-Rahmad Darmawan.
 
Kini di depan mata, ronde ketiga kualifikasi Zona Asia dijejaki El Loco Gonzales cs. Bagaimana peta jalan di sana? Ada 20 tim yang telah memastikan tempatnya. Ke-20 tim itu akan dibagi 5 grup berisi masing-masing 4 kontestan, di mana juara dan runner-up grup otomatis maju ke ronde keempat, sehingga kalkulasinya adalah 5 grup kali 2 tim juara-runner up akan menghasilkan 10 kesebelasan.
 
Tahap itu, ronde keempat, 10 kesebelasan dipisahkan ke dalam 2 grup. Tiket bagi 2 teratas dari satu grup (4 negara) lolos langsung ke Piala Dunia Brazil 2014. Sedangkan dua tim peringkat ketiga bertanding play-off demi menentukan siapa yang keluar sebagai pemenang untuk menantang wakil zona lain.
 
AFC sebagai konfederasi zona Asia hanya diberi kuota 4,5 negara ke Brazil 2014. 4 negara pemenang lolos langsung dari kualifikasi. Setengah jatah lagi harus direbut dengan adu kekuatan melawan wakil zona lain. Kemungkinan lawan yang diadu berasal tiga konfederasi, yakni di antara tim peringkat keempat zona Concacaf, peringkat kelima Conmebol, atau juara kualifikasi dari zona Oseania, tergantung undiannya nanti.
 
Jadi, ada rangkaian 14 pertandingan yang harus dilalui satu negara di Asia untuk lolos sebagai 4 terbaik di zona AFC ke Piala Dunia mendatang. 6 laga (kandang-tandang) di grup pada ronde ketiga. 8 kali pertandingan berikutnya (juga memakai sistem kandang-tandang) di grup dalam ronde keempat. Kedua ronde harus dilalui sampai dapat mencapai 2 teratas di klasemen akhir. Bila hanya finis di rangking ketiga, laga play-off adalah lubang jarumnya di ronde kelima. Lolos dari sana, ditunggu lawan dari zona berbeda dalam tajuk Play-off Antar Konfederasi.
 
Begitulah aturan main yang diberlakukan FIFA untuk Zona Asia. Tidak ada cara lain.Sejauh ini sudah tampil 20 negara yang sukses melewati ronde kedua. Tapi perjuangan bagi timnas Garuda Merah-Putih sendiri masih panjang dan berliku. Tantangan harus dihadapi dengan optimis penuh semangat.
 
Faktanya, AFC (Konfederasi Sepakbola Asia) memberikan tempat tanpa bertanding (bye) dari dua ronde sebelumnya kepada 5 negara. Mereka diposisikan sebagai unggulan berdasarkan rekor pemeringkatan yang dirumuskan otoritas AFC. Kelima besar itu Jepang, Australia, Korea Selatan, Iran, dan China. Mereka diplot mengisi pot (1).
 
Kamis (28/7/2011) kemarin, jadi hari kualifikasi terakhir laga leg kedua di ronde kedua. Jadi, 15 negara sisanya telah memastikan tempat mendampingi 5 negara unggulan. Ke-15 tim itu telah dibagi dalam pot (2) sampai (4). Pot (2) diisi Uzbekistan, Qatar, Yordania, Arab Saudi, dan Kuwait. Pot (3) ialah Bahrain, Suriah, Oman, Irak, dan Uni Emirat Arab. Terakhir, pot (4), yakni Korea Utara, Thailand, Singapura, Indonesia, dan Lebanon.
 
Setiap pot hanya diwakili satu kontestannya masuk ke dalam satu grup. Dengan kata lain, setiap negara yang sama-sama berada dalam satu pot tidak akan bertemu sebagai lawan satu grup di ronde ketiga ini. Satu grup jadi dibagi rata dari pot (1) sampai pot (4).
 
Timnas kita sekarang berada di peringkat kedua terbawah, rangking ke-19, dari 20 kontestan. Misalnya ingin mencapai ronde keempat, berarti harus jadi 10 negara terbaik Asia. Setidaknya masih harus ditempuh 18 langkah lagi untuk mendekati Pantai Copacabana dan Rio de Janeiro. Kendati terkesan muluk, mungkin dapat dipancang target menempati peringkat kedua terbaik di ronde ketiga, lantas urutan ketiga teratas di ronde keempat. Play-off antarkonfederasi akan menghiasi sejarah baru PSSI. Lompatan besar bukan mustahil terjadi.
 
Sebab dua negara di pot (2) Qatar dan Kuwait sempat ditaklukkan. Berikutnya, di pot (3) Bahrain dan Uni Emirat Arab masih berstatus lawan sepadan yang juga pernah dikalahkan Indonesia. Hanya pot (1) terdiri raksasa Benua Kuning yang sulit diatasi, terutama di kandang lawan. Tapi kalau boleh memilih, Australia dan China boleh dijajal tanpa rasa minder berlebihan di atas lapangan.
 
Penentuan 5 grup dalam ronde ketiga Zona Asia akan digelar di Marina da Gloria, Rio de Janeiro, besok Sabtu 30 Juli. Setiap grup yang berisi 4 kontestan diambil undiannya oleh dua mantan bintang sepakbola Brazil, Lucas dan Zico. Mari kita tunggu bersama!


bola.okezone.com

0 comments:

Post a Comment