Kopi Bisa Memicu Halusinasi Jika Diminum Saat Stres



Minum kopi memang bermanfaat, namun sebaiknya jangan terlalu banyak jika pikiran sedang stres. Efek samping kebanyakan minum kopi saat stres sama seperti ganja, yakni membuat orang mampu mendengar suara-suara yang sebenarnya tidak ada.

Kemampuan mendengar suara-suara khayalan atau halusinasi dipicu oleh efek samping kafein yang bersifat psikoaktif. Artinya dalam kondisi stres, kandungan kafein yang terlalu tinggi di dalam kopi bisa mempengaruhi fungsi otak dan sistem saraf.

Dalam sebuah penelitian di La Trobe University of Melbourne, seorang relawan yang sedang stres mengaku mendengar lagu White Christmas yang dibawakan oleh Bing Crosby setelah minum 5 cangkir kopi kental. Padahal yang diputar saat itu hanya suara mendesis yang konstan.

Gejala yang sama juga dialami oleh beberapa dari 92 relawan lain yang terlibat dalam penleitian tersebut. Setelah diperiksa lebih lanjut, para relawan yang mendengar suara-suara aneh memiliki tingkat stres yang tinggi dan minum kopi dalam jumlah lebih banyak.

"Kombinasi kafein dengan stres mempengaruhi kecenderungan munculnya gejala psikosis. Peringatan harus diberikan jika sedang mengonsumsi obat-obat psikotropika," ungkap sang peneliti, Prof Simon Crowe seperti dikutip dari Dailymail, Rabu (8/6/2011).

Seperti yang teramati dalam penelitian tersebut, efek samping berupa halusinasi bisa muncul pada orang stres yang mengonsumsi kopi kontal lebih dari 5 gelas. Efeknya bisa lebih kuat jika orang tersebut juga mengonsumsi minuman berkafein lainnya, seperti teh atau softdrink.

Sementara menurut penelitian lain, 5 cangkir kopi adalah batas paling aman untuk dikonsumsi secara rutin tiap hari. Lebih dari takaran ini, berbagai efek samping kopi bisa bermunculan seperti aritmia atau denyut nadi yang tidak teratur serta yang paling umum adalah susah tidur.


detikhealth

0 comments:

Post a Comment