Snack Pengganjal Lapar Yang Sehat



BILA perut merasa lapar sebelum makan siang atau malam, Anda mungkin akan menjatuhkan pilihan pada camilan yang agak berat. Seperti kue pastry, donat, atau es krim lengkap dengan saus dan wafer pun menjadi pengganjal perut. Kenyang sih, tapi makanan itu akan meningkatkan kadar gula dan lemak yang tak dibutuhkan.

Agar kenyang lebih lama, Anda harus memilih makanan yang tinggi protein dan juga kaya serat. Protein bisa merangsang hormon yang menyebabkan malas makan. Serat membuat makanan dicerna lebih lambat sehingga Anda tidak mudah lapar. Berikut ini snack-snack tinggi protein dan serat yang bisa Anda raih saat merasa lapar sebelum jam makan tiba.

Kacang panggang
Pilih kacang yang dipanggang atau dioven untuk mengurangi kadar minyaknya, dan pilih kacang kenari, pistachio atau macadamia untuk snack yang lebih lezat dan sehat.

Selai kacang
Setangkup roti dengan selai sepertinya bisa memenuhi kebutuhan energi Anda sepanjang sore. Namun selai buah sangat tinggi gula, oleh karena itu selai kacang akan menjadi pilihan yang lebih sehat. Tambahkan potongan buah atau ikan untuk membuat roti Anda semakin nikmat.

Buah alpukat
Jangan sia-siakan ketika alpukat sedang musim berbuah. Buah yang creamy ini punya rasa yang lezat, tekstur yang lembut sekaligus rasa segar, dan juga siap membuat Anda kenyang lebih lama. Kandungan lemaknya juga baik untuk tubuh di samping kandungan vitamin dan serat yang dikandungnya.

Daging kelapa
Mungkin kita lebih mengenalnya sebagai bagian dari kue dan minuman, namun daging kelapa yang disangrai atau dipanggang ini juga lezat sebagai kudapan lho. Rasa gurihnya akan memuaskan selera sementara kandungan proteinnya baik untuk tubuh Anda.

Keripik buah dan buah segar
Buah dan sayuran segar sudah pasti jadi snack sehat, namun jika Anda suka kripik, berbagai pilihan kripik buah juga bisa jadi pilihan untuk camilan yang lebih sehat. Namun pastikan kripik ini dibuat dengan teknologi vacuum frying, dan bukan kripik yang digoreng dengan cara konvensional menggunakan minyak dan banyak gula. (kpl/RRN).


sumber: kapanlagi.com

1 comment: