8 Tanda Berbohong




Anda-tanda berikut ini mungkin bukan merupakan bukti yang pasti bahwa orang itu memang sedang berbohong. Tapi, tanda-tanda ini bisa memperingatkanmu agar tetap menjaga telinga dan matamu tetap terbuka.

1. Mata
Beberapa orang menghindari kontak mata saat mereka berbohong, mereka akan segera “memalingkan mata”.


2. Senyuman
Orang akan tersenyum saat mereka berbohong, atau mereka mencoba menutupi kebohongannya dengan memaksakan dirinya tersenyum. Bagaimana anda bisa membedakan antara senyuman yang asli dan senyuman yang dipaksakan? Sebuah senyuman yang asli akan menyebabkan kerutan di sekitar mata, namun senyuman yang terpaksa tidak menyebabkan kerutan di sekitar mata.


3. Tangannya
Para pembohong akan lebih sering menyentuh mukanya dibandingkan orang-orang yang berkata jujur untuk menghilangkan kegugupan yang mereka rasakan saat mereka berbohong. Para pembohong yang sudah terlatih bisa menyembunyikan tangannya.


4. Suaranya
Para pembohong mungkin akan menghela nafas. nada suaranya mungkin akan meninggi, terlalu bersemangat atau terlalu ditahan-tahan atau terlalu terburu-buru.


5. Ketidakcocokan
Sering sekali adanya ketidakcocokan antara ekspresi muka dengan nada suara, misalnya tatapan mata yang sedih dengan nada yang bahagia.


6. Motivasi
Apa saja yang bisa didapatkan seseorang jika berbohong kepadamu, Apakah karena uang, atau karena hal lain atau malah karena orang itu berpikir kamu menginginkan sesuatu darinya.


7. Masuk akal
Apakah yang dikatakan orang itu masuk akal bagimu? atau apakah kamu harus berimajinasi dulu sebelum mempercayai apa yang kamu dengar?


8. Perasaanmu
Percayalah pada perasaanmu, sering kali hanya perasaanlah “BUKTI” yang harus kamu ikuti.

“Sesekali orang mungkin akan berbohong, tapi senyuman yang menyertainya akan mengatakan hal yang sejujurnya.”

0 comments:

Post a Comment