Bagaimana Berdoa?




Ada beberapa syarat doa yang baik yaitu. .

1. Kita harus mempunyai hubungan/persekutuan yang baik dengan Tuhan.
Yohanes 15:7. Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firmanKU tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yg kamu kehendaki dan kamu akan menerimanya.
Ada banyak orang kristen yang hanya brdoa kalau ada kesukaran. Kita harus mempunyai persekutuan yang baik degan Tuhan yaitu degan berdoa dan membaca firman Tuhan setiap hari.

2. Kita harus berdoa dengan tujuan supaya Tuhan dipermuliakan.
1Korintus 10:31. Aku menjawab jika engkau makan atau jika engkau minum atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah.

3. Kita harus berdoa sesuai dengan Firman Tuhan.
Firman Tuhan memang merupakan pedoman dalam hidup kita.
Maz 119. FirmanMU itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku.

4. Berikan waktu yang cukup untuk berdoa jangan berdoa dengan tergesa-gesa.
Markus 1:35. Pagi2 benar waktu hari masih gelap, Ia bangun dan pergi keluar. Ia pergi ke tempat yang sunyi dan berdoa disana.

5. Kita harus berdoa dengan sungguh2 artinya kita betul2 mengharapkan jawaban atas doa kita itu.
Lukas 22:44. Ia sangat ketakutan dan makin bersungguh2 berdoa. PeluhNYA menjdi seperti titik2 darah yang bertetesan ke tanah.

6. Kita harus berdoa dengan iman.
Markus 11:23-24. Aku berkata kepadamu sesungguhnya barangsiapa berkata kepada gunung ini beranjaklah dan tercampaklah ke dalam laut. Asal tidak bimbang hatinya, tetapi percaya, bahwa apa yang dikatakannya itu akan terjadi, maka hal itu akan terjadi baginya. Karena itu Aku berkata kepadamu apa saja yang kamu minta dan doakan percayalah bahwa kamu telah menerimanya, maka hal itu akan diberikan kepadamu.
Roma 10:17. Jadi iman timbul dari pendengaran dan pendengaran oleh Firman Kristus.

7. Kita harus brdoa menggunakn otak/pikiran, bukan hanya perasaan atau asal ngomong.
1Kor 14:14-15a. Sbb jika aku berdoa dengan bahasa roh maka rohkulah yang berdoa tetapi akal budiku tidak turut brdoa. Jadi apakah yang harus ku buat? Aku brdoa dengan rohku, tetapi aku akan berdoa juga dengan akal budiku.
Ayat ini menunjukkan bahwa Tuhan menghendaki kita menggunakan otak/pikiran kita dalam berdoa.

0 comments:

Post a Comment