Minuman Soda Died Justru Membuat Gemuk



Anda merasa khawatir dengan berat badan yang naik-turun, tapi tak ingin kehilangan minuman bersoda favorit Anda? Pilihan Anda mungkin akan mengonsumsi minuman ringan dengan label "sugar free" atau dengan embel-embel "diet" di belakangnya. Tetapi, rasanya Anda mesti pikir-pikir lagi jika ngarep bisa langsing dengan mengonsumsi minuman jenis tersebut. Soalnya, minuman semacam itu ternyata malah membuat Anda lebih gemuk.
Penelitian yang dilakukan Texas University School of Medicine terhadap 500 pria dan wanita selama kurun waktu 10 tahun menunjukkan, mereka yang meminum minuman bebas gula atau minuman diet secara teratur, meski hanya satu atau dua kaleng sehari, terbukti memiliki lingkar pinggang lebih lebar dari mereka yang tidak mengkonsumsinya. Yang lebih mengejutkan lagi, peningkatan ukuran lingkar pinggang mereka 500 persen dari lingkar pinggang sebelumnya, meskipun sudah berolahraga atau merokok.
Salah kaprah ini terjadi karena kebanyakan orang mengira minuman diet tidak berkalori, sehingga tidak ada resiko, demikian menurut Helen Hazuda, profesor epidemiologi klinis di Texas University School of Medicine. Mereka mungkin terbebas dari kalori, tapi tidak dengan konsekuensinya.
Pemanis buatan dalam minuman kola yang "bebas gula" itu mungkin dapat menggantikan sukrosa alami, tetapi efeknya justru dapat menambah nafsu makan, bahkan merusak sel-sel otak. Pemanis itu membuat kita jadi kepingin makanan-makanan manis, juga junk food. Kurangnya gula asli yang juga membuat kita tidak kunjung merasa kenyang. Jika Anda tidak kenyang-kenyang juga, bisa-bisa Anda lupa berapa banyak makanan yang sudah masuk ke perut.
"Oleh karena itu mempromosikan minuman diet atau bebas gula sebagai pilihan minuman sehat sangat keliru," tegas Hazuda.
Ia mengingatkan, berat badan yang berlebihan akan mendekatkan Anda dengan penyakit berbahaya seperti jantung, diabetes, dan kanker. Paling baik, mulai kurangi kebiasaan minum minuman bersoda yang label diet ini. Ganti dengan air putih, hingga kebiasaan itu hilang seluruhnya.

sumber: kompas.com

0 comments:

Post a Comment