Buang Semua Kemunafikan!



Syalom...

 "Hati-hatilah terhadap ahli-ahli Taurat yang suka berjalan-jalan memakai jubah panjang dan suka menerima penghormatan di pasar." (Markus 1:38).

Orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat dikenal sebagai orang-orang yang 'suci'. Sayang, mereka melakukan ibadah atau kegiatan rohani hanya sebatas aktivitas fisik saja dan itu pun disertai dengan motivasi yang tidak benar, seperti tertulis: 

"Semua pekerjaan yang mereka lakukan hanya dimaksud supaya dilihat orang; mereka memakai tali sembahyang yang lebar dan jumbai yang panjang; mereka suka duduk di tempat terhormat dalam perjamuan dan di tempat terdepan di rumah ibadat; mereka suka menerima penghormatan di pasar dan suka dipanggil Rabi." (Matius 23:5-7).

TUHAN YESUS sangat benci terhadap perbuatan mereka; DIA pun menyebut mereka sebagai orang-orang yang munafik, bahkan kata 'munafik' itu, IA katakan sampai berulang-ulang. YESUS berkata, " ...di sebelah luar kamu tampaknya benar di mata orang, tetapi di sebelah dalam kamu penuh kemunafikan dan kedurjanaan." (Matius 23:28).

'Hypocises' adalah asal kata dari 'munafik' yang artinya orang yang sedang bersandiwara atau, tindakan yang dilakukan hanyalah sebuah kepura-puraan. Kemunafikan adalah sifat yang sangat dibenci TUHAN! Adakah orang Kristen yang hidup dalam kemunafikan? Jawabannya, banyak sekali! Saat berada di dalam ruangan gereja, atau saat sedang terlibat pelayanan, kita selalu terlihat begitu suci dan bersikap manis ala malaikat. Yang kita perbincangkan hanyalah tema-tema Alkitabiah. Tetapi sepulang dari ibadah, sikap, ucapan dan tindakan kita berubah secara drastis. Di rumah para tuan mulai memperlakukan pembantunya semena-mena tanpa kasih; para bos mulai menjalankan bisnis yang penuh dengan trik-trik kotor, dan lain-lain. Sampai-sampai ada istilah "Kristen tomat" (Minggu tobat, hari lain kumat/kambuh).

Orang dunia beranggapan bahwa kemunafikan adalah cara yang dibutuhkan agar kita dapat servive dalam pergaulan dan juga karier. Terhadap orang-orang yang munafik TUHAN YESUS memakai bahasa yang cukup keras: CELAKALAH KAMU YANG MUNAFIK!!

Saudara-saudariku, bila saat ini kita masih tergolong sebagai orang-orang yang munafik, mari kita bertobat dengan sungguh, karena kemunafikan hanya akan membawa kita kepada kehancuran:


TUHAN AKAN MEMALINGKAN WAJAH-NYA TERHADAP KITA, ARTINYA PINTU BERKAT JUGA TERTUTUP!!

0 comments:

Post a Comment