Miliaran Rupiah Hancur Dimakan Rayap



Sebuah bank di India mengalami kerugian hingga jutaan rupe atau miliaran rupiah akibat ulah rayap yang memakan uang kertas di bank tersebut.
Bank yang terletak di Uttar Pradesh itu kemudian memutuskan staff yang bekerja di bank tersebut bersalah terhadap kejadian tersebut.
Pihak bank menilai mereka bersalah karena "lalai" mengawasi uang kertas yang tersimpan di bank.
Rayap-rayap itu dilaporkan telah memakan uang kertas senilai 10 juta rupe atau sekitar 1,9 miliar rupiah lebih.
Ini bukan kali pertama rayap membuat ulah dan memakan uang kertas yang tersimpan pada sebuah bank di India.
Pada tahun 2008 di negara bagian Bihar, rayap memakan uang seorang pedagang yang tersimpan di sebuah bank di wilayah itu.
Bank India mengatakan mereka akan melakukan penyeledikan terhadap kasus yang terakhir ini.
"Pihak manajemen di kantor cabang bank tersebut terbukti bersalah karena lalai dan mengakibatkan uang kertas yang tersimpan di kantor cabang Fatehpur, distrik Barabanki rusak dimakan rayap" kata Kepala Manajer Umum Bank India, Abhay Singh seperti dilansir oleh Press Trust of India.

Dia mengatakan akan ada tindakan kepada mereka yang bersalah dalam persitiwa ini.
Singh juga memastikan uang yang hilang akan menjadi tanggung jawab pihak bank.
"Karena ini merupakan kesalahan pihak bank maka bank akan menanggung kerugian yang ditimbulkan oleh rayap...tidak ada kerugian yang akan ditanggung masyarakat."
Laporan menyebutkan kantor cabang bank itu menyimpan uang dalam tempat yang tua, jarang dibersihkan dan menjadi tempat favorit bagi lokasi berkembangbiaknya rayap.
Akibat persistiwa ini pihak Bank India kini memerintahkan agar semua kantor cabang menyimpan di tempat penyimpanan yang layakdan diperiksa kondisinya setiap dua bulan.

sumber: bbc.co.uk

0 comments:

Post a Comment