Gunakan Damai Sejahtera Kristus



(Yohanes 14:27) "Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu. "
Roma 5:1 Sebab itu, kita yang dibenarkan karena iman, kita hidup dalam damai sejahtera dengan Allah oleh karena Tuhan kita, Yesus Kristus.

Roma 15:33 Allah, sumber damai sejahtera, menyertai kamu sekalian! Amin.

Damai yang diberikan dunia berbeda dengan damai sejahtera dari Tuhan yang diberikan kepada setiap orang percaya. Damai yang diberikan dunia adalah damai semu (palsu), sedangkan yang dari Tuhan terus di proses oleh Roh Kudus yang bekerja di dalam kita, dan damai dari Tuhan akan mengalir seperti aliran-aliran air hidup yang mengalir keseluruh sendi hidup kita. Yeremia 29:11 Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.

Suatu ketika saya membutuhkan sepeda motor untuk pekerjaan saya. Sementara di rumah , saya hanya mempunyai satu sepeda motor yang dipakai bersama dengan keluarga saya. Saya berpikir bahwa dengan memiliki sepeda motor sendiri maka pekerjaan saya akan jauh lebih mudah dan ringan, Saya pada waktu itu berencana membeli sebuah sepeda motor bekas sesuai dengan kondisi keuangan saya yang pada waktu itu memang pas-pasan. Maka akhirnya saya mencari informasi dengan teliti mengenai harga sepeda motor bekas dan sayapun akhirnya menentukan pilihan untuk membeli sepeda motor apa yang harus saya beli. Kejutan menjumpai saya. Tiba-tiba adik saya yang lama tidak pulang rumah menghubungi saya dan memberitahukan kepada saya untuk menitipkan sepeda motornya kepada saya. Ia berkata agar sepeda motornya dipergunakan saja untuk pekerjaan saya dan di rumahnya yang baru ia sudah punya mobil. Saya gembira bukan main. Saya tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli sepeda motor dan sepeda motor kepunyaan adik saya dapat langsung saya pergunakan untuk keperluan pekerjaan saya.

Seperti halnya pengalaman saya,, bahwa kita hidup di dunia ini membutuhkan damai sejahtera. Damai sejahtera ini berguna untuk membuat kita mampu menghadapi segala persoalan hidup. Damai sejahtera ini juga memberikan kita kekuatan, impian dan motivasi agar kita mampu meraih hidup yang berkemenangan. Suatu hidup yang berkenan di hadapan Tuhan. Namun adakalanya kita tidak menemukan damai sejahtera itu. Dalam suatu permasalahan ringan saja kita sering terpukul jatuh dengan kesedihan yang mendalam.

Sebelum Yesus terangkat ke surga Ia berkata bahwa “damai sejahtera kutinggalkan bagimu” itu artinya ketika kita menerima Yesus sebagai Sang Juru selamat maka damai sejahtera itu otomatis tinggal berada di dalam hati kita.Sekarang yang menjadi pertanyaannya adalah “apakah kita sudah menggunakan damai sejahtera yang diberikan Yesus kepada kita?” Seperti halnya dengan sepeda motor yang dititipkan dirumah saya maka jika saya tidak menggunakan sepeda motor itu berarti sepeda motor itu tidak akan berguna dan saya akan kehilangan kesempatan untuk menikmati fungsi dan hasil dari sepeda motor itu. Demikian pula jika damai sejahtera itu tidak kita gunakan maka kita tidak akan menikmati fungsi dan hasil dari damai sejahtera itu.

Mungkin juga ada yang bertanya bagaimana menggunakan damai sejahtera yang telah diberikan Yesus kepada kita?

Sangat mudah sekali! Tuhan sudah memberikan maka Tuhan juga pasti tidak akan mempersulit kita untuk menggunakannya. Damai sejahtera yang diberikan Tuhan itu berarti bahwa damai sejahtera itu berasal dari Tuhan. Karena itu jika kita ingin mendapatkannya maka hidup kita harus berakar di dalam Tuhan. Jika kita menghadapi suatu masalah maka kita serahkan masalah itu pada Tuhan. Kita berdoa dan menyanyikan pujian hanya kepada Tuhan. Kita juga berharap hanya kepada Tuhan. Segala kekuatiran kita ataupun hal-hal yang menyulitkan hidup kita, kita arahkan hanya kepada Tuhan demikian pula segala sukacita dan kegembiraan kita itu semuanya hanya untuk kemuliaan nama Tuhan dan yang terpenting adalah segala pekerjaan kita dan aktivitas kita itu hanya untuk Tuhan. Maka damai sejahtera yang melampaui segala akal ( artinya damai yg dirasakan dan dinikmati tdk masuk akal) dan pikiran akan terus menghampiri hidup kita, MIsalnya: Kita sedang menghadapi berbagai himpitan persoalan hidup, tetapi seakan tidak merasakannya; malahan tetap bersukacita di dlm Tuhan; itulah damai sejahtera Tuhan, dan dunia akan melihat terang Kristus bercahaya di dalam diri kita. GBU.

0 comments:

Post a Comment