Dia Mengirim Burung Gagak



Di suatu musim dingin, seorang janda miskin menceritakan pemeliharaan Tuhan yang begitu ajaib terhadap hidup Nabi Elia kepada anaknya.

"Nak, pada masa kelaparan Tuhan mencukupkan makanan Nabi Elia yang tinggal di tepi Sungai Kerit lewat burung-burung gagak. (1 Raja-raja 17:5-6) Engkau dapat minum dari sungai itu, dan burung-burung gagak telah kuperintahkan untuk memberi makan engkau di sana. Pada waktu pagi dan petang burung-burung gagak membawa roti dan daging kepadanya, dan ia minum dari sungai itu." 

Sambil menahan lapar, anak itu berkata kepada ibunya, "Bu, bolehkah aku membuka pintu rumah agar gagak yang diutus Tuhan untuk membawa makanan kepada kita dapat segera masuk? Aku percaya bahwa gagak itu sedang dalam perjalanan!" Ibunya mengangguk-anggukkan kepalanya sebagai tanda setuju. 

Tak berapa lama kemudian seorang pria mengetuk pintu dan berkata, "Mengapa pintu rumah Anda terbuka di musim dingin seperti ini? Apakah Anda tidak tersiksa oleh hembusan angin sedingin ini?"

Janda itu kemudian menceritakan tentang imannya dan anaknya yang sedang menanti gagak utusan Tuhan. Pria berpakaian rapih itu ternyata adalah walikota yang sedang berjalan-jalan melihat keadaan masyarakat kota yang dipimpinnya. Pria itu kagum pada iman janda dan anaknya sehingga ia berkata, "Ibu, saya adalah gagak utusan Tuhan itu. 

Setiap bulan saya akan memenuhi semua kebutuhan kalian, karena Tuhan sudah memerintahkan saya datang ke rumah yang diberkati ini." Iman bukan hanya mampu menggugah hati Tuhan, tapi juga orang yang dapat melihat keteguhan iman di dalam diri seseorang.

Tuhan yang kita kenal di dalam nama Yesus Kristus adalah Tuhan yang bertanggung jawab dan begitu luar biasa! Lihatlah betapa besar kuasa dan hikmatNya, sehingga kehidupan di alam semesta ini tetap berjalan setiap detik. Siapakah yang sanggup memelihara kelangsungan hidup hewan di hutan, tumbuhan liar di padang, mengatur musim-musim, mengatur siklus air di bumi, dan memberi nafas manusia yang jumlahnya miliaran?

Mazmur Daud mengetahui dengan pasti siapa yang sanggup mengatur semua itu sehingga ia berkata, "Engkau yang memberi minum gunung-gunung dari kamar-kamar lotengMu, bumi kenyang dari buah pekerjaanMu. Engkau yang menumbuhkan rumput bagi hewan dan tumbuh-tumbuhan untuk diusahakan manusia, yang mengeluarkan makanan dari dalam tanah dan anggur yang menyukakan hati manuisa, yang membuat muka berseri karena minyak, dan makanan yang menyegarkan hati manusia." (Mazmur 104:13-15)

Jika Tuhan sanggup memerintahkan gagak untuk memelihara kehidupan Nabi Elia dan kebesaranNya mengatasi kehidupan di jagat raya ini, maka Ia juga sanggup mengadakan apa yang kita butuhkan. Yang terpenting adalah, ada iman di hati kita yang percaya sepenuhnya bahwa Dia akan memelihara kita di dalam kelimpahanNya. Amin.~


Jagalah aku ya Allah. sebab pada-Mu aku berlindung. Aku berkata “Engkaulah TUHANKU, kebahagiaanku. tak ada yang melebihi Engkau! (Mazmur 16:1-2).

0 comments:

Post a Comment